Alat pendidikan
ALAT PENDIDIKAN
(Jenis dan Kedudukan Alat Pendidikan)
Moh Fahrizal Hanifi
Mohfahrizalhanifi23@gmail.com
Institut Agama Islam Negeri Madura
Abstrak
Alat pendidikan ternyata mencakup pengertian yang luas, termasuk kedalamnya alat yang berupa benda maupun yang bukan benda. Alat pendidikan yang berupa benda seperti ruangan kelas, perlengkapan belajar dan yang sejenisnya. Alat ini biasanya disebut sebagai alat peraga, sedangkan yang berupa benda dapat berupa situasi pergaulan, perbuatan, teladan, nasehat, bimbingan contoh, teguran, anjuran, ganjaran, perintah, tugas, ancaman, maupun hukuman yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan.
Kata kunci: Alat pendidikan, kedudukan alat pendidikan
PENDAHULAN
Manusia di dunia ini memerlukan kehidupan, dan untuk hidup memerlukan pendidikan. Pendidikan sangat penting bagi manusia karena hal itu dapat menunjang hidup manusia. Dalam pendidikan banyak hal yang harus dipelajari, salah satunya adalah alat pendidikan. Alat pendidikan sangat penting untuk kita. Karena dengan alat pendidikan, kita bisa mengetahui cara-cara mendidik yang baik dan benar, oleh karena itu penulis menulis makalah yang berjudul “Pengertian dan Jenis Alat Pendidikan”.
PEMBAHASAN
Secara umum, alat pendidikan adalah segala sesuatu yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan. Amir Dien Indrakusuma membedakan faktor dan alat pendidikan. Faktor adalah hal atau keadaan yang ikut serta menentukan berhasil tidaknya pendidikan. Sedangkan alat adalah langkah-langkah yang diambil demi kelancaran proses pendidikan.
Sementara itu, Ahmad D. Marimba memandang alat pendidikan dari aspek fungsinya, yakni ; alat sebagai perlengkapan, alat sebagai pembantu mempermudah usaha mencapai tujuan untuk mencapai tujuan selanjutnya
Jenis Alat Pendidikan
Dalam dunia pendidikan terdapat bermacam alat pendidikan sebagai sarana untuk mencapai tujuan, Ahmad D. Marimba membagi alat pendidikan ke dalam tiga bagian:
Alat-alat yang memberikan perlengkapan berupa kecakapan berbuat dan pengertian hafalan. Alat-alat ini dapat pula disebut alat-alat pembiasaan.
Alat-alat untuk memberi pengertian, membentuk sikap, minat dan cara berfikir.
Alat-alat yang membawa ke arah keheningan batin, kepercayaan dan pengarahan diri sepenuhnya kepada-Nya.
Disamping pembagian di atas, D. Marimba juga membagi alat pendidikan ke dalam dua bagian yaitu :
Ala-alat langsung, yaitu alat-alat bersifat menganjurkan sejalan dengan maksud usaha (alat-alat positif).
Alat-alat tidak langsung, yaitu alat-alat yang bersifat pencegahan dan pembasmian hal-hal yang bertentangan dengan maksud usaha.
Alat-alat pendidikan yang sangat penting ialah
Pembiasaan dan pengawasan
Perintah dan larangan
Ganjaran dan hukuman.
Pembiasaan dan Pengawasan
Pembiasaan adalah salah satu alat pendidikan yang penting sekali, terutama bagi anak-anak yang masih kecil. Anak-anak kecil belum menginsyafi apa yang dikatakan baik dan apa yang dikatakan buruk dalam arti asusila. Oleh karena itu, pembiasaan merupakan alat satu-satunya. Sejak dilahirkan anak-anak harus dilatih dengan kebiasaan-kebiasaan dan perbuatan-perbuatan yang baik, seperti dimandikan dan ditidurkan pada waktu tertentu, diberi makan dengan teratur dan sebagainya.Di atas telah dikatakan bahwa pembiasaan yang baik membutuhkan pengawasan. Pengawasan itu penting sekali dalam mendidik anak. Tanpa pengawasan berarti membiarkan anak berbuat sekehendaknya anak tidak akan dapat membedakan yang baik dan yang buruk, tidak mengetahui mana yang seharusnya dihindari atau tidak senonoh dan mana yang boleh dan harus dilaksanakan, mana yang membahayakan dan mana yang tidak.
Pemerintahan dan Larangan
Perintah bukan hanya apa yang keluar dari mulut seseorang yang harus dikerjakan oleh orang lain. Melinkan dalam hal ini termasuk pula peraturan-peraturan umum yang harus ditaati oleh anak-anak. Tiap-tiap perintah dan peraturan dalam pendidikan mengandung norma-norma kesusilaan, jadi bersifat memberi arah atau mengandung tujuan ke arah peraturan susila. Di samping memberi perintah, sering pula kita harus melarang perbuatan anak-anak. Larangan itu biasanya kita keluarkan jika anak melakukan sesuatu yang tidak baik, yang merugikan, atau dapat membahayakan dirinya.
Ganjaran dan Hukuman
Ganjaran adalah salah satu alat pendidikan yang untuk mendidik anak-anak supaya anak dapat merasa senang karena perbuatan atau pekerjaannya mendapat penghargaan. Sedangkan hukuman adalah alat pendidikan yang tidak lepas dari sistem kemasyarakatan serta kenegaraan yang berlaku pada waktu itu, dengan kata lain hukuman adalah penderitaan yang diberikan atau di timbulkan dengan sengaja oleh seseorang.
Kedudukan Alat Pendidikan
Alat memiliki kedudukan yang sangat penting dalam pelaksanaan pendidikandan pencapaian tujuan pendidikan. Oleh sebab itu, pemerintah dan tenaga pendidik hendaknya tidak meremehkan masalah alat. Kelengkapan dari alat-alat pendidikanmempunyai pengaruh yang sangat besar pada berhasilnya pendidikan dan pengajaran. Alat pelajaran yang lengkap akan membuka kesempatan bagi peserta didik untuk pembentukan formal, pengetahuan, sikap belajar dan pola berfikir siswa didik kearah yang lebih baik. Pemilihan alat pendidikan hendaknya dapat dipergunakan langsung oleh peserta didik dalam penyampaian materi dan lebih banyak melibatkan indra mereka.Penggunaan alat pendidikan yang menggunakan indra, seperti alat peraga dengan slide, film, eksperimen, dan lain lain akan lebih berhasil jika dibanding dengan hanya menggunakan metode ceramah saja.
KESIMPULAN
Alat pendidikan adalah segala sesuatu yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan.
Alat-alat pendidikan yang sangat penting ialah
Pembiasaan dan pengawasan
Perintah dan larangan
Ganjaran dan hukuman.
KedudukanAlat PendidikanAlat memiliki kedudukan yang sangat penting dalam pelaksanaan pendidikandan pencapaian tujuan pendidikan. Oleh sebab itu, pemerintah dan tenaga pendidik hendaknya tidak meremehkan masalah alat. Kelengkapan dari alat-alat pendidikanmempunyai pengaruh yang sangat besar pada berhasilnya pendidikan dan pengajaran.
DAFTAR PUSTAKA
Purwanto, M. Ngalim, MP, 1994. Ilmu Pendidikan Teoritis & Praktis, Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.
Kosim, Moh, 2006. Pengantar Ilmu Pendidikan, Pamekasan : STAIN
(Jenis dan Kedudukan Alat Pendidikan)
Moh Fahrizal Hanifi
Mohfahrizalhanifi23@gmail.com
Institut Agama Islam Negeri Madura
Abstrak
Alat pendidikan ternyata mencakup pengertian yang luas, termasuk kedalamnya alat yang berupa benda maupun yang bukan benda. Alat pendidikan yang berupa benda seperti ruangan kelas, perlengkapan belajar dan yang sejenisnya. Alat ini biasanya disebut sebagai alat peraga, sedangkan yang berupa benda dapat berupa situasi pergaulan, perbuatan, teladan, nasehat, bimbingan contoh, teguran, anjuran, ganjaran, perintah, tugas, ancaman, maupun hukuman yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan.
Kata kunci: Alat pendidikan, kedudukan alat pendidikan
PENDAHULAN
Manusia di dunia ini memerlukan kehidupan, dan untuk hidup memerlukan pendidikan. Pendidikan sangat penting bagi manusia karena hal itu dapat menunjang hidup manusia. Dalam pendidikan banyak hal yang harus dipelajari, salah satunya adalah alat pendidikan. Alat pendidikan sangat penting untuk kita. Karena dengan alat pendidikan, kita bisa mengetahui cara-cara mendidik yang baik dan benar, oleh karena itu penulis menulis makalah yang berjudul “Pengertian dan Jenis Alat Pendidikan”.
PEMBAHASAN
Secara umum, alat pendidikan adalah segala sesuatu yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan. Amir Dien Indrakusuma membedakan faktor dan alat pendidikan. Faktor adalah hal atau keadaan yang ikut serta menentukan berhasil tidaknya pendidikan. Sedangkan alat adalah langkah-langkah yang diambil demi kelancaran proses pendidikan.
Sementara itu, Ahmad D. Marimba memandang alat pendidikan dari aspek fungsinya, yakni ; alat sebagai perlengkapan, alat sebagai pembantu mempermudah usaha mencapai tujuan untuk mencapai tujuan selanjutnya
Jenis Alat Pendidikan
Dalam dunia pendidikan terdapat bermacam alat pendidikan sebagai sarana untuk mencapai tujuan, Ahmad D. Marimba membagi alat pendidikan ke dalam tiga bagian:
Alat-alat yang memberikan perlengkapan berupa kecakapan berbuat dan pengertian hafalan. Alat-alat ini dapat pula disebut alat-alat pembiasaan.
Alat-alat untuk memberi pengertian, membentuk sikap, minat dan cara berfikir.
Alat-alat yang membawa ke arah keheningan batin, kepercayaan dan pengarahan diri sepenuhnya kepada-Nya.
Disamping pembagian di atas, D. Marimba juga membagi alat pendidikan ke dalam dua bagian yaitu :
Ala-alat langsung, yaitu alat-alat bersifat menganjurkan sejalan dengan maksud usaha (alat-alat positif).
Alat-alat tidak langsung, yaitu alat-alat yang bersifat pencegahan dan pembasmian hal-hal yang bertentangan dengan maksud usaha.
Alat-alat pendidikan yang sangat penting ialah
Pembiasaan dan pengawasan
Perintah dan larangan
Ganjaran dan hukuman.
Pembiasaan dan Pengawasan
Pembiasaan adalah salah satu alat pendidikan yang penting sekali, terutama bagi anak-anak yang masih kecil. Anak-anak kecil belum menginsyafi apa yang dikatakan baik dan apa yang dikatakan buruk dalam arti asusila. Oleh karena itu, pembiasaan merupakan alat satu-satunya. Sejak dilahirkan anak-anak harus dilatih dengan kebiasaan-kebiasaan dan perbuatan-perbuatan yang baik, seperti dimandikan dan ditidurkan pada waktu tertentu, diberi makan dengan teratur dan sebagainya.Di atas telah dikatakan bahwa pembiasaan yang baik membutuhkan pengawasan. Pengawasan itu penting sekali dalam mendidik anak. Tanpa pengawasan berarti membiarkan anak berbuat sekehendaknya anak tidak akan dapat membedakan yang baik dan yang buruk, tidak mengetahui mana yang seharusnya dihindari atau tidak senonoh dan mana yang boleh dan harus dilaksanakan, mana yang membahayakan dan mana yang tidak.
Pemerintahan dan Larangan
Perintah bukan hanya apa yang keluar dari mulut seseorang yang harus dikerjakan oleh orang lain. Melinkan dalam hal ini termasuk pula peraturan-peraturan umum yang harus ditaati oleh anak-anak. Tiap-tiap perintah dan peraturan dalam pendidikan mengandung norma-norma kesusilaan, jadi bersifat memberi arah atau mengandung tujuan ke arah peraturan susila. Di samping memberi perintah, sering pula kita harus melarang perbuatan anak-anak. Larangan itu biasanya kita keluarkan jika anak melakukan sesuatu yang tidak baik, yang merugikan, atau dapat membahayakan dirinya.
Ganjaran dan Hukuman
Ganjaran adalah salah satu alat pendidikan yang untuk mendidik anak-anak supaya anak dapat merasa senang karena perbuatan atau pekerjaannya mendapat penghargaan. Sedangkan hukuman adalah alat pendidikan yang tidak lepas dari sistem kemasyarakatan serta kenegaraan yang berlaku pada waktu itu, dengan kata lain hukuman adalah penderitaan yang diberikan atau di timbulkan dengan sengaja oleh seseorang.
Kedudukan Alat Pendidikan
Alat memiliki kedudukan yang sangat penting dalam pelaksanaan pendidikandan pencapaian tujuan pendidikan. Oleh sebab itu, pemerintah dan tenaga pendidik hendaknya tidak meremehkan masalah alat. Kelengkapan dari alat-alat pendidikanmempunyai pengaruh yang sangat besar pada berhasilnya pendidikan dan pengajaran. Alat pelajaran yang lengkap akan membuka kesempatan bagi peserta didik untuk pembentukan formal, pengetahuan, sikap belajar dan pola berfikir siswa didik kearah yang lebih baik. Pemilihan alat pendidikan hendaknya dapat dipergunakan langsung oleh peserta didik dalam penyampaian materi dan lebih banyak melibatkan indra mereka.Penggunaan alat pendidikan yang menggunakan indra, seperti alat peraga dengan slide, film, eksperimen, dan lain lain akan lebih berhasil jika dibanding dengan hanya menggunakan metode ceramah saja.
KESIMPULAN
Alat pendidikan adalah segala sesuatu yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan.
Alat-alat pendidikan yang sangat penting ialah
Pembiasaan dan pengawasan
Perintah dan larangan
Ganjaran dan hukuman.
KedudukanAlat PendidikanAlat memiliki kedudukan yang sangat penting dalam pelaksanaan pendidikandan pencapaian tujuan pendidikan. Oleh sebab itu, pemerintah dan tenaga pendidik hendaknya tidak meremehkan masalah alat. Kelengkapan dari alat-alat pendidikanmempunyai pengaruh yang sangat besar pada berhasilnya pendidikan dan pengajaran.
DAFTAR PUSTAKA
Purwanto, M. Ngalim, MP, 1994. Ilmu Pendidikan Teoritis & Praktis, Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.
Kosim, Moh, 2006. Pengantar Ilmu Pendidikan, Pamekasan : STAIN
Komentar
Posting Komentar